25 Mei, 2008

Puluhan Prestasi di Tangan Jovian


Hairul Mikrad
Borneo Tribune, Pontianak

Serius. Kesan ini terlihat dari sosok Jovian Christo Foshield, 6. Duduk paling ujung dengan tangan terus memoles crayon di atas kertas gambar yang telah disediakan panitia lomba mewarnai dalam rangka 1st Anniversary Borneo Tribune, Minggu, 18 Mei lalu.
Jovian tak banyak bergerak. Sesekali kepalanya tegak dan kemudian larut dalam mewarnai. Perlahan, satu-persatu objek dibalut dengan warna. Polesan tak hanya poles, objek yang awalnya hanya garis hitam mulai terkesan hidup dan seperti asli.
Satu jam Jovian berkutat. Sosoknya pun mulai menjadi perhatian. Sejumlah pasangan mata orangtua yang mendampingi serta panitia tertuju melihat kreasi serta hasil permainan warnanya. Itu belum selesai, tepat dua jam anak pertama pasangan Jono, ST dan Silvia ini menyelesaikan gambarnya.
Decak kagum banyak terlontar. Saat pengumuman pemenang, Jovian berhasil menyabet nomor dua. Hasil ini menambah koleksi juaranya.
Bocah yang lahir 9 Juni 2002 ini termasuk anak-anak berprestasi di Kalbar. Puluhan piala dari sejumlah lomba yang diikuti tampak memenuhi lemari kaca yang berada di lantai dua kediaman orangtuanya di Jalan Siam.
Ruko berlantai tiga tersebut terlihat ramai dipenuhi para pelajar yang mengikuti bimbingan belajar (Bimbel). Sang ayah, Jono terlihat betul-betul memanfaatkan setiap ruangan untuk dirinya berbagi pengetahuan dengan para siswa.
“Saya mengetahui bakat Jovian ini sejak dia berusia 4,5 tahun. Dia suka menggambar dan saat itu, saya juga sudah mengikutkan Jovian lomba mewarnai. Karena baru dan belum pengalaman, belum dapat juara. Tetapi kami senang Jovian berani ikut lomba,” aku Silvia ibunda Jovian.
Tidak waktu khusus bagi Jovian untuk belajar mewarnai. Kedua orangtuanya memberikan kebebasan kapanpun dirinya mau mewarnai. “Namanya juga anak-anak, kita harus mendorong dan membimbing,” ucap Silvia.
Bakat Jovian semakin tampak saat dirinya masuk taman kanak-kanak. Bocah yang gemar makan ayam KFC ini, belajar di TK Karya Yosef. Karena usianya masih belia, Jovian duduk di TK A.
Jovian semakin terasah bakatnya. Saat di TK A, penggemar roti dan keju ini kembali ikut perlombaan mewarnai yang digelar Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura. Hasilnya? Jovian berhasil menyabet juara III. Ini merupakan juara yang pertamakali disabetnya.
Sejak berhasil menyabet gelar pertama kali tersebut, Jovian seringkali mengikuti lomba. Hingga saat ini sudah 29 piala dan penghargaan diraihnya dengan juara yang bervariasi. Lebih banyak juara satu. “Untuk penilaian hasil karya anak-anak jelas tergantung dari juri. Kami sangat bangga sekali ketika Jovian keluar sebagai juara pertama lomba mewarnai Nusantara Expo di Pontianak Convention Center (PCC) kemarin,” aku Silvia.
Ditambahkan Jono, selain itu prestasi yang cukup membanggakan ketika anak pertamanya ini keluar sebagai juara pertama mewarnai HUT Bank Kalbar 2008,” aku Jono.
Menurut Jono, sejak kecil anaknya ini sudah suka corat-coret. Setelah mengikuti lomba pertama, selanjutnya Jono berinisiatif mengasah kemampuan Jovian dengan ikut perlombaan lainnya. “Kalau menggambar Jovian ini serius dan tidak mau diganggu,” jelas Jono.
Jovian sendiri mengaku dirinya sangat suka melukis robot serta menggambar alat-alat transportasi seperti kapal laut. Bocah yang juga suka film kartun sponge bob dan masked rider ini, juga menyenangi pelajaran menghitung serta bercita-cita menjadi dokter.
Penggemar warna ungu ini juga berkeinginan untuk mengikuti olympiade science. “Selain mewarnai, kita ingin Jovian juga tetap memprioritaskan pelajarannya. Ke depan seperti matematika dan science. Dia ingin ikut olympiade karena termotivasi oleh anak didik saya yang ikut olympiade. Kami sebagai orangtua mendorong dan membimbing,” aku Jono.

Sejumlah Prestasi yang Diraih Jovian

Juara I mewarnai pada acara Nusantara Expo tahun 2008 di PCC.
Juara I mewarnai Suzuki
Juara I launching tabungan baru Bank Bukopin
Juara I mewarnai pada acara vegetarian food bazar di Matahari Mall
Juara I mewarnai di Taman Gita NandaJuara I mewarnai yang diselenggarakan Toko Buku Karisma

Tidak ada komentar: