07 April, 2009

Bank Kalbar yang Semakin Menggebrak

Bank Kalbar. Nama badan usaha milik daerah Pemprov Kalimantan Barat ini semakin dekat dan lekat di hati rakyat. Bukan itu saja, lembaga keuangan ini banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan provinsi yang berada di wilayah barat Indonesia ini.
Di tahun 2009, Bank Kalbar telah berusia 45 tahun. Usia yang hampir setengah abad tersebut telah membuatnya semakin eksis dan matang di persaingan dunia perbankan.
Tahun ini, dalam memperingati hari jadinya, Bank yang dipimpin Direktur Utama, H Djamaluddin Malik, SE, MM tersebut memilih tema ‘Kita tingkatkan kerja keras, cerdas dan ikhlas, untuk mewujudkan Bank Kalbar sebagai bank terdepan di Kalbar’.
Tema tersebut tentulah tidak hanya tema pemanis di setiap tahun, namun sebuah cambuk dan motivasi untuk terus berkreasi dan berinovasi menuju kemajuan. Untuk maju memang diperlukan kerja keras, cerdas dan ikhlas. Kerja-kerja yang diimbangi dengan kecerdasan untuk melihat peluang, tantangan dan hambatan sehingga melahirkan ide-ide, solusi dan inovasi yang cerdas pula.
Kerja-kerja dengan dipenuhi keikhlasan. Keikhlasan untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan tanpa selalu ‘berhitung’ pamrih, tanpa ingin mencari keuntungan pribadi yang akhirnya berujung pada kolusi, korupsi dan nepotisme. Kerja karena ibadah.
Kerja keras, cerdas serta ikhlas tadi tentu tidaklah hanya proyek ‘thanks you’ saja, namun kita yakin, manajemen perseroan terbatas ini telah mempersiapkan ‘reward and punishment’nya. Tidak ada sebuah prestasi yang tidak dihargai, begitu juga bila berbuat kesalahan bakal diberi sanksi.
Kita ketahui, Bank Kalbar terus berinovasi. Perusahaan perbankan ini telah produk baru yaitu kredit usaha mikro utama (KUR). Likuiditas dan tingkat kesehatan Bank Kalbar, masih tergolong sehat dengan ratio CAR sebesar 19,65 dan NPL sebesar 0,12 persen.
Hingga 2008, jumlah nasabah Bank Kalbar sebanyak 200.402. Uang yang bisa dihimpun sebesar Rp1,392 triliun. Padahal, pada 2007, jumlah nasabah hanya 160.911. Dari jumlah itu, bisa dikumpulkan uang sebesar Rp1,185. Artinya, ada peningkatan nasabah sebesar 39.491, dan peningkatan nominal sebesar Rp207 miliar.
Nasabah dipermudah dengan adanya 51 jaringan kantor cabang di seluruh Kalbar. Semua jaringan kantor telah terhubung sehingga memudahkan dalam bertransaksi bagi nasabah.
Nasabah juga tidak perlu kuatir, karena uang nasabah dijamin oleh sebuah lembaga penjamin simpanan (LPS). Bahkan, transaksi dengan jumlah tertentu, ada layanan jemput bola. Artinya, Bank Kalbar yang bakal mendatangi nasabah.
Kemudahan lainnya, para nasabah bisa bertransaksi di mana saja. Ada 16.000 ATM dengan logo ATM Bersama. Nasabah juga diberi kemudahan dengan adanya fitur BPD online. Ini produk bersama BPD seluruh Indonesia. Sehingga sesama BPD sudah terhubung secara online.
Bank Kalbar sendiri dalam telah mendapatkan beberapa penghargaan dalam BUMD Award 2008. Ada enam kategori dinilai. Setidaknya, empat kategori berhasil diraih Bank Kalbar. Seperti, peringkat 2, dari segi sumber daya manusia (SDM). Peringkat ke 4, BUMD terbaik. Peringkat ke 4, pemasaran terbaik. Peringkat 13, keuangan terbaik.
Padahal, award tersebut diikuti 1500 BUMD. Setelah diseleksi menjadi 600 BUMD. Setelah diciutkan lagi, tinggal 30. Dari angka itu, hanya 22 yang menonjol dan masuk nominasi. Selamat ulang tahun dan terus sukses selalu.

Tidak ada komentar: