07 April, 2009

Kepercayaan

Bisnis media adalah bisnis kepercayaan. Kepercayaan terkait erat suguhan produk yang ditawarkan baik isi berita, tata wajah, warna maupun kemasan lainnya. Pemberitaan sendiri sangat memiliki peran penting bagaimana dan kemana usaha ini bergerak.
Pemberitaan kan mencerminkan interaksi antara pembaca, sumber berita, kualitas dan independensi wartawan, redaktur maupun pemilik perusahaan. Hubungan tanpa sekat maupun intervensi akan memiliki nilai kuat untuk memudahkan menjalin kebersamaan, kerjasama serta kepercayaan dengan semua pihak. Begitu juga dengan kami, Harian Borneo Tribune.
Seusai Idul Fitri 2008 lalu, kami dipercayakan sebagai media tempat magang mahasiswa/mahasiswi dari Universitas Bonn Jerman. Ada empat mahasiswa, Dorina, Sina, Mathias, Christian belajar di sini selama enam bulan. Mereka belajar banyak tentang bahasa maupun hubungan sosial, budaya dan kehidupan masyarakat Kalbar.
Ini merupakan kesempatan emas untuk terus menerus mengembangkan kerjasama, tidak hanya untuk Borneo Tribune namun juga masyarakat Kalbar bahkan Indonesia.
Kesempatan ini juga diambil Universitas Tanjungpura. MoU kerjasama antara Untan dengan Universitas Bonn ditandatangani, Sabtu (21/3) kemarin. Untan diwakili oleh Purek IV, Ir H Iqbal dan Universitas Bonn, DR Oliver Pye.
Moment penting disaksikan Rektor Untan, DR Chairil Effendy, Kepala Bappeda Kalbar, Ir H Fathan A Rasyid, M. Agr, Pemred Harian Borneo Tribune, H Nur Iskandar, SP serta sejumlah Dekan di lingkungan Untan. Acara MoU ini juga dirangkai dengan seminar internasional Peluang dan Ancaman Energi Terbarukan di Kalbar.
Dalam sambutannya, DR Chairil Effendy menyampaikan terimakasih kepada Harian Borneo Tribune yang telah menginisiasikan kerjasama dan seminar internasional tersebut. Ucapannya ini tidak hanya membuat kami bahagia, akan tetapi menjadi cambuk dan motivasi untuk terus berbuat demi kemashalatan bersama.
Selain itu juga, hari ini, kami diberikan kepercayaan oleh manajemen Hotel Gajahmada untuk menggelar lomba menulis untuk anak-anak SD. Kegiatan dalam rangka HUT Hotel Gajahmada X dan 2nd Borneo Tribune ini merupakan tahun kedua.
Seperti tahun sebelumnya, peserta sangat antusias hingga membeludak termasuk di tahun 2009 ini. Peserta yang sudah mendaftar mengikuti lomba yang memperebutkan piala Ir H Zulfadhli tersebut sebanyak 70 anak. Mengingat kapasitas tempat penyelenggaraan, membuat kami membatasi jumlah peserta.
Pembaca, kami yakin dengan menjaga dan memelihara kepercayaan akan membuat hubungan semakin menguat serta menjadi peluang dan membuka ‘pintu-pintu’ untuk terus berkembang dan meraih kemajuan tanpa harus saling sikut-menyikut bahkan ‘membunuh’ dengan persaingan tidak sehat.
Begitu juga kami hadir dan eksis di Kalimantan Barat ini, tidak terlepas kepercayaan yang diberikan para pembaca sekalian. Tanpa anda sekalian dan kepercayaan yang diberikan, kami bukan siapa-siapa. Terimakasih atas kebersamaannya selama ini dan masa yang akan datang.

Tidak ada komentar: