20 Februari, 2009

Selamat Bekerja Bupati Baru

Kabupaten Sanggau sejak Kamis (5/3) kemarin memiliki bupati baru. H Setiman H Suidn-Paulus Hadi seusai dilantik Gubernur Kalbar, Drs Cornelis, MH resmi memimpin kabupaten yang terkenal sebagai sentral hasil perkebunan Kepala Sawit tersebut.
Bagi masyarakat Sanggau, sosok Setiman sudah sangat familiar. Sebelumnya, birokrat ini selama lima tahun menjabat sebagai Wakil Bupati mendampingi Yansen Akun Effendi.
Jadi sudah tidak diragukan lagi, Setiman sudah pasti memahami gerak kehidupan sosial, agama maupun ekonomi masyarakatnya. Tentu dalam menyusun program pembangunan dirinya tidak akan kesulitan.
Pasangan Setiman-Paulus Hadi dinilai sangat klop. Setiman sebagai sosok birokrat dan Paulus Hadi dari kalangan politikus. Paulus sendiri sebelumnya merupakan anggota DPRD Kabupaten Sanggau dan Ketua DPD PNBK Indonesia Kalimantan Barat.
Secara politik, Paulus tentu dekat dan mudah berkomunikasi dengan Anggota DPRD Sanggau sehingga ini akan semakin memudahkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati ini untuk memimpin.
Namun, kedekatan politik tersebut kita harapkan tidak melemahkan daya kontrol yang dilakukan wakil rakyat kepada pemimpin rakyat tersebut. Kita berharap, pasangan baru ini menjadi semangat baru untuk kemajuan pembangunan serta perekonomian Kabupaten Sekadau.
Kedua sosok ini pun diharapkan menjadi daya ungkit untuk mengembangkan dan memajukan sektor-sektor lain yang lebih menyentuh kepentingan dan gerak ekonomi masyarakat sehingga kesejahteraan bisa dirasakan rakyat banyak, angka pengangguran dan kemiskinan semakin menurun.
Bila rakyat sudah sejahtera, dengan sendirinya mereka mampu membiayai pendidikan dan kesehatan masyarakat, ini akan semakin meringankan pekerjaan pemerintah. Pemerintah tinggal menyediakan fasilitas sarana prasarana maupun pelayanan.
Tentu juga, keberhasilan pembangunan tergantung juga dengan dukungan masyarakat. Dukungan bisa berupa penyampaikan aspirasi, kritikan, kontrol maupun saran-saran konstruktif. Kita berharap dengan pemimpin baru, kemajuan baru bagi Sanggau. Selamat bekerja Pak Bupati baru.

Tidak ada komentar: