13 Mei, 2009

Selamat Jalan Henri Usman

Mantan Sekretaris Daerah Drs Henri Usman, MSi telah berpulang ke rahmatullah, Kamis (30/4) kemarin. Sosok kelahiran 2 Oktober 1945 menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pertamina Jakarta.
Banyak prestasi yang ditorehkan Henri Usman. Tidak hanya di bidang pemerintahan, mantan Bupati Pontianak ini juga berkecimpung di dunia olahraga. Di bawah kepemimpinannya di sejumlah cabang olahraga, Kalbar sering meraih kejayaan di pentas nasional dan dunia.
Henri merupakan Ketua Pengda Persatuan Angkat Berat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) dan Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Kalbar. Kakak Ir Supandry Usman ini dikenal tidak segan-segan melihat langsung para atletnya latihan.
Peraih 73.537 suara sah pada Pemilu 2009 untuk DPR RI, sering terlihat berada di arena latihan PABBSI di Komplek SSA, bahkan di pusat latihan anggar di Kota Mempawah. Saat bertandingpun, Henri sering terjun langsung memberikan support kepada atlet. Hasilnya, sejumlah juara nasional, dunia maupun pemecahan rekor berhasil dipersembahkan.
Ketua DPD Partai Demokrat ini, semasa hidupnya juga sering mengajak atletnya makan bersama. Dalam situasi tersebut, selalu terbuka dialog, kritik, saran maupun usulan bagaimana meningkatkan prestasi. Cara dan gaya yang flamboyan membuat Henri Usman dinilai sukses memimpin sejumlah cabang olahraga tersebut.
Tentu kita berharap sepeninggalan tokoh olahraga ini, cabang-cabang olahraga harus terus meningkat prestasi sehingga apa yang terbaik dipersembahkan almarhum tidak habis begitu saja.
Mantan Camat Sungai Raya ini juga dikenal dekat dengan pekerja-pekerja pers. Almarhum tidak pernah membuat sekat bahwa dirinya pejabat dan wartawan. Tidak jarang peraih Bintang Jasa Satya Lencana Setia Bhakti Husada ini menerima para wartawan di kediamannya. Selain mengkonfirmasi berita, diskusi-diskusi mengenai Kalbar juga mengalir.
Selamat jalan Henri Usman, selamat jalan tokoh olahraga. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang layak di sisi-Nya. Amin.

Tidak ada komentar: