29 Oktober, 2009

Siapkan Diri Jadi CPNS

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setiap tahun ditunggu-tunggu. Dulu, tamatan SMA masih bisa berharap menjadi abdi rakyat tersebut, namun beberapa tahun terakhir ini pemerintah memprioritaskan lulus Diploma II ke atas yang jumlah lulusannya setiap tahun membludak.
Minimnya pembukaan lapangan pekerjaan, membuat penerimaan CPNS diserbu warga. Maklum saja, walaupun harus bersaing dengan ribuan orang, namun lowong pekerjaan ini sangat menjanjikan.
Menurut sejumlah orang, menjadi CPNS itu enak. Enaknya jam kantor jelas, kapan masuk dan pulang. Jadi untuk mengatur jadwal dan mendisplinkan diri lebih mudah. Selain itu juga tidak perlu memikirkan apakah ada gaji bulan ini, besok atau lusa, yang pasti setiap bulan tinggal menunggu tanggal muda saja.
Bukan itu saja, walaupun dipotong dari gaji setiap bulannya, jaminan kesehatan melalui Akses, jelas ada dan pasti, semuanya diuruskan tidak hanya informasi semata. Ini juga termasuk jaminan pensiun. Walaupun pendapatan kecil, ketenangan bekerja terjamin.
Namun, bagi sebagian orang, menjadi CPNS tersebut membosankan karena terkukung rutinitas pekerjaan birokrasi dan sulit mengembangkan kemampuan karena harus melalui jenjang karir.
Terlepas dari suka atau tidak suka, realitas penerimaan CPNS sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Sedikit saja pemberitaan atau informasi mengenai lowong pekerjaan tersebut, pasti dengan lahap dibaca hingga titik koma.
Di tahun 2009 ini, di Kalimantan Barat direncanakan akan dicari CPNS untuk mengisi 4.810 formasi, yang terdiri 3945 formasi umum dan 865 tenaga honorer.
Kota Singkawang mendapat formasi terbanyak, yakni 456 yang terdiri formasi umum 417 dan sisanya honorer. Kabupaten Melawi menempatkan formasi umum di atas seluruh kabupaten lainnya, yakni 441 formasi.
Kalau provinsi tenaga kesehatan paling banyak diterima, karena sebelumnya 75 ada penambahan menjadi 92, tenaga teknik hanya 21 dan di luar itu tenaga honorer 230 sehingga jumlah di provinsi 343 formasi.
Tentu untuk bersaing, mulai sekarang bagi yang berminat untuk segera mempersiapkan segala persyaratan yang umum diminta untuk penerimaan CPNS. Selain itu juga, pengetahuan untuk menghadapi test tertulis penting dimatangkan.
Hindari para calo yang menjanjikan bakal diterima. Selain akan terhindar dari rasa angkuh bakal terima, anda akan menjadi orang yang ikut membangun sistem seleksi fair play tanpa KKN sehingga kualitas pun terjamin.
Kita hanya berharap, panitia penerimaan pun menjaga netralitas tidak ‘bermain mata’, lebih mengutamakan kualitas, kapasitas dan keilmuan para CPNS tersebut sehingga yang lulus nantinya merupakan abdi Negara dan abdi rakyat yang benar-benar layak dan merakyat, sosok birokrasi melayani bukan dilayani. Semoga.

Tidak ada komentar: